Minggu, 13 Mei 2012

kuliah Ke pGri an



Ke – PGRI – an

JATI DIRI PGRI              { Org. Profesi  { Org. Perjuangan { Org. Ketenagakerjaan
{ Unitaristik = Tdk memandang perbedaan     agm, suku, gol, status sosial, dll
SIFAT JATI DIRI             { Independen = Kemandirian &kemitra   
sejajaran dg pihak lain
Non Parpol = Bukan bag. atau berafiliasi dg parpol
SEMANGAT           a. Demokrasi b. Kekeluargaan  c. Keterbukaan  d. Tanggungjawab & Etika   
Jati diri ------- Landasan filosofis yg jadi norma dlm pikir, sikap, tindakan, mengikat, ditaati Anggota yg didasarkan pada Pancasila &UUD 1945
1.    Historis : Dg profesi keguruan menyebarkan
                semangat perj. Dlm merebut     
                kemerd. NKRI brdsarkan Pancasila
                & UUD 1945

Dasar Jati Diri               2. Idiologis Politis : Berkewajiban mewujudkan      
                     cita2 kemerd. melalui pemb. nas
3.    Sosiologi & Iptek = Dlm mengabdi sifat  
responsif, adaptif,     inovatifal, permisif selektif thd perkemb Iptek
CIRI JATI DIRI :
a.     Nasionalisme : Mengutamakan pers. & kes. Yg mrpk modal dasar mencapai cita2 kemerd. mempertahankan, melestarikan NKRI dg dijiwai semangat patriotisme.
b.    Demokrasi : Kekuasaan tertinggi di tangan Anggota sistem perwakilan melalui kongres
c.     Kemitraan : Org. dik. & Pejuang pendidik dg kebersamaan membela hak & nasib masy. guru dlm kesejahteraan
d.    Unitarisme : Mrpk wadah tanpa membedakan agama, dll
e.     Profesionalisme : Mengutamakan karya dlm sikap & kemampuan profesionalnya.
f.       Kekeluargaan : Mengembangkan rasa senasip sepenanggungan
g.     Kemandirian : Bertumpu pd kepercayaan diri sendiri tanpa bergantung pd pihak lain & membina hub dg lainnya.
h.    Non Parpol : Tdk punya hub dg kekuatan sospol manapun
i.       Jiwa semangat nilai 45 : Konsekuen menegakkan jiwa semangat 45 kpd generasi penerus

CIRI KHAS PGRI :
1.    Sbg. Org. Kemasy. ------ Mengemban tugas dik & pengajaran
                                         juga mrpk sarana komunikasi sos. timbal
                                         balik antar anggota, org. lain baik intern  
                                         / internasional
2.                    Mandiri -------  Berupaya mensejahterakan anggota
                                         melalui dik & pengajaran
3.                    Profesi Guru ------- terpancar pada  :
a.Keahlian = meningkatkan mutu    
                      anggota
b.Tgjwb = mencipakan perangkat  
                 lunak berupa aturan kode
                 etik dll.
c.Kesejawatan = Mrpk wadah /
                            wujud kebersamaan
                            antar sesama angt.
d.Inovasi = Responsif, adaptif,
                    inovatif, terbuka terhdp
                    perub. Iptek
4.                    Dikbud -------- Terselenggaranya Sistem Pendidikan
                                        Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia
                                        dan menyelenggarakan lemb. Dik serta
                                        meningkatkan kualitas tenaga
                                        kependidikan

                  


Tujuan Jati Diri PGRI :
1.  Tercapainya kesadaran rasa bangga, ikut memiliki PGRI
2.  Tercapainya LDDKP dlm org.
3.  Mampu mengantisipasi thd. perub. IPTEK
4.  Terwujudnya pengamalan & pengamanan Pancasila & UUD 1945

Fungsi Jati Diri :
1.  Sbg. ped. gerak org.
2.  Sbg. sarana memasy.misi. org.
3.  Sbg. sarana perj. (kaderisasi)
4.  Sbg. motivasi perj.
5.  Sbg. wahana penerapan rasa bangga pada warga PGRI

Misi Jati Diri  mrpk suatu wahana utk menampilkan citra, sikap, semangat, dan karakter org. keguruan, melestarikan nilai2 perj. Sekaligus mrpk upaya dlm :
1.  Mengemban tuj. nas. (Hankam, pengamalan Pancasila & UUD 1945)
2.  Pemb. nas. (mewujudkan cita2 kemerd.)
3.  Melestarikan jiwa, semangat, nilai 45
4.  Mengisi pemb. Nas. di bid. Dik.
5.  Mempertinggi mutu profesi utk kesej. Guru

PGRI  ------ sbg wadah ------ berjuang memperoleh hak khdp yg layak secara prosedural & konstitusional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar